Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Sejarah Adanya Peci/Kopiah/Songkok

Kalian semua pasti sudah tau denganPeci/Kopiah/Songkok, terutama orang-orang yg berada di daerah mayoritasMuslim. hampir setiap orang yang beragama Islam di daerah Asia menggunakan peci di setiap kegiatan keagamaannya bahkan di kesehariannya, dari anak kecil sampai orang tua.Kopiah atau Songkok Bila dipakai dengan sendirinya, akan dapat menyempurnakan ibadah sholatnya. Kopiah adalah sejenis topi, berbentuk pendek bulat dikenakan di kepala.

Sejarah Adanya Peci/Kopiah/Songkok
Kopiah tidak selalu berwarna putih. Kopiah juga memiliki bermacam-macam warna dan motif. Beberapa Muslim ada yang membalut kopiah menggunakan sorban. Sorban ini disebut imamah dalam bahasa Arab. Sebuah hadis dalam buku-buku Abu Dawud dan Tirmidzi yang mengutip, Nabi Muhammad mengatakan, "Perbedaan antara kami dan kaum musyrik adalah sorban lebih topi kami."

Hingga Hari ini Kopiah masih berfungsi, antara lain, sebagai bentuk seragam agama, untuk mengidentifikasi diri sendiri ke seluruh dunia sebagai orang yang menganut Islam (Muslim). Di Amerika Serikat dan Inggris, pedagang Muslim menjual Kopiah dengan nama Kufi.

Muslim memakai Kopiah untuk mencontoh Nabi Muhammad. Para sahabat Rosul belum pernah merlihat kepala beliau Tanpa ditutupi. Untuk mencontoh tindakan beliau, beberapa Muslim seluruh dunia memakai berbagai Bentuk Kopiah,kufi,taqiyat, topi fez,songkok,peci dan tutup kepala lainnya. Tujuan lain dari memakai Kopiah adalah menjadi sunnah Rosul dan dengan sendirinya mematuhi dan mengikuti tradisi itu.

Kopiah, sebenarnya merupakan tradisi dari jaman dahulu; pra-Islam Orang-orang Arab mempunyai kebiasaan selalu memakai sesuatu di kepala mereka. Mereka menganggap tidak pantas untuk tidak mengenakan tutup kepala seperti kopiah.

Meskipun asosiasi keagamaan, yang sebenarnya kopiah adalah item praktis dari pakaian di iklim gurun. meski suhu siang hari panas kopiah dapat menguragi resiko dehidrasi, malam di Saudi Arabia ini cukup dingin, dan mengenakan penutup kepala ketika tidur akan mengurangi rasa dingin.

Kopiah juga disebut topi doa(topi agama) Oleh orang-orang eropa. Pria Muslim memakai kopiah ketika sholat Jum'at (Jumat) shalat di masjid, dan ibadah sehari-hari (Sholat di rumah). Untuk pria, dianjurkan, yang berarti "terpuji" atau "mencari kasih Allah", untuk menutupi kepala selama shalat. Pria Muslim Juga memakai Kopiah Ketika melakukan Ijab kabul pernikahan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar