Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

PERADABAN KUNO EROPA

PERADABAN KUNO EROPA 

1. Peradaban Pulau Kreta 



Pulau Kreta terletak di daerah perairan Laut Tengah bagian timur. Letaknya sanga strategis, sehingga menjadi pusat aktivitas di daerah perairan Laut Tengah bagian timur. 

Sumber-sumber berita tentang sejarah Kerajaan Kreta ini diperoleh antara lain dari : 
· Syair-syair pujangga Homerus terutama dalam kitab Illyas dan Odyassea 
· Cerita-cerita rakyat di Yunani yang lebih bersifat Mitologi 
· Hasil-hasil penggalian arkeologi yang menemukan sisa-sisa bangunan kota kuno seperti Ibu Kota Knossos.

Masyarakat Kreta telah mengenal kepandaian mengecor dan menempa besi, dan ini merupakan salah satu potensi kekuatan dari angkatan perang kerajaan Pulau Kreta yang telah menggunakan alat-alat senjata dari besi. Kebudayaan perundagian besi Pulau Kreta berkembang ke Yunani dan Romawi, yang selanjutnya merupakan unsur kekuatan dari negeri-negeri di Eropa 



2. Peradaban Yunani 



Yunani merupakan salah satu pusat peradaban tertua di Eropa. Tingginya tingkat peradaban Yunani itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu keadaan alamnya, penduduknya dan lain sebagainya. 



a. Keadaan alam 
Daerah Yunani terletak di ujung tenggara benua Eropa. Sebagian kepulauan di Laut Aegea dan Laut Iyonia masuk diwilayah Yunani. 



b. Penduduk 
Bangsa Yunani merupakan percampuran darah antara para pendatang dari padang rumput sekitar Laut Kaspia dan penduduk asli yang mengusahakan pertanian. 
Pada tahun 1878 M, ditemukan hasil-hasil penggalian purbakala, antara lain : 
· Bekas bangunan kota kuno Troya yang banyak disebut oleh penjaga Homenus dalam    bukunya Illyas 
· Makam Raja Argamemnon, seorang raja yang disebut-sebut pula dalam cerita Illyas, dan 
· Harta benda Priamus, Raja Troya, yang terbuat dari emas dan permata 



c. Seni Bangunan / Seni Pahat 
Pada masa kejayaan Yunani (476-338 SM) banyak dibangun kuil dengan gaya Doria , antara lain : 
· Acropolis , Arcopolis berarti kota tinggi, sebab letaknya di daerah perbukitan. 
· Kuil Dewa Zeus di bukit Olympus. Bangunannya disebut Altis, yakni sebagai tempat pemujaan Dewa Zeus. 
d. Ilmu pengetahuan dan teknologi 
Bangsa Yunani telah memiliki berbagai macam pengetahuan dan teknologi yang tinggi, 


yakni : 
· Menciptakan perahu layar yang ramping sebagai sarana untuk mengarungi Laut Tengah dan menghubungkan daratan Yunani dengan daerah-daerah pantai timur Pulau Sicilia 



e. Pemerintahan dan Hukum 
Yunani dikelilingi gunung-gunung, lembah-lembah, dan teluk-teluk. Keadaan alam ini mempersulit hubungan satu kelompok dengan kelompok lain. Pemukiman-pemukiman yang terpisah itu lambat laun dan berkembang menjadi negara kota yang merdeka dan berdiri sendiri.  Polis Sparta. Menjelang akhir abat ke-7 SM, salah satu polis di Peloponessos dikuasai oleh Sparta. 

Corak kehidupan Sparta digariskan oleh Lycurgus. Sekitar tahun 625 SM, negarawan tersebut mengadakan berbagai pembaruan terhadap peraturan-peraturan dan perundang-undangan yang mengatur semua prilaku warga Sparta. Pada saat itu Sparta benar-benar menjadi suatu negara militer. Untuk mendukung pembentukan kekuatan militer, sejak lahir seorang anak laki-laki di Sparta sudah diatur dan diawasi oleh negara. Mereka sudah dibiasakan dengan cara hidup yang keras. Para pemuda harus mengikuti kegiatan olahraga dan keprajuritan sejak usia muda. Juga setiap warga Sparta dikenakan wajib militer sampai usia 60 tahun. 

Athena. Tata pemerintahan Athena digariskan oleh Solon (549 SM). Negarawan ini melakukan beberapa pembaruan antara lain menghapus perbudakan dan memulihkan hak rakyat sipil. Jika di Sparta para warga mempunyai kewajiban untuk melayani negara sepenuhnya, maka di Athena hak warga negara dijamin oleh negara. 
Runtuhnya Yunani dan Munculnya Macedonia. Kekacauan dan kelemahan Yunani ini digunakan sebaik-baiknya oleh Philipus, seorang raja dari kerajaan Macedonia yang terletak disebelah utara daerah Yunani . 

Pada tahun 338 SM tentara Yunani yang sudah lemah dengan mudah dapat ditaklukkan oleh pasukan Macedonia. Kerajaan Macedonia dibawah pimpinan Raja Philipus menguasai Yunani. 
Kerajaan-kerajaan itu disebut dengan Diadochos atau kerajaan penggati. Kerajaan-kerajaan tersebut antara lain sebagai berikut : 
· Kerajaan Macedonia tetap memerintah wilayah Yunani hingga daerah Balkan dan Asia kecil

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar