Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

OpenOffice Calc

Pengertian???
Calc adalah aplikasi spreadsheet atau pengolah angka yang merupakan bagian dari OpenOffice.org.org. Calc mirip dengan Microsoft Excel dari Microsoft sehingga pengguna yang sebelumnya telah menggunakan Excel untuk migrasi ke calc pada dasarnya tidaklah sulit. Selain itu juga OpenOffice.org calc mendukung format dari excel sehingga fasilitas ini sangat membantu bila anda nantinya putuskan untuk migirasi ke OpenOffice.org Calc
Menjalankan OpenOffice.org calc
OpenOffice.org.org calc dapat dijalankan dari start Menu Aplikasi – Perkantoran – Spreadsheet atau dari Menu File – New – Spreadsheet
Mengoperasikan Lembar Kerja Spreadsheet
Halaman lembar kerja dari spreadsheet disebut dengan sheet, OpenOffice menyediakan sekitar 65536 baris dan IV kolom. Secara default sheet pada spreadsheet ada 3 yaitu sheet1, sheet2 dan sheet3. Sheet ini dapat tambahan, dihapus maupun diedit. Perpaduan baris dan kolom ini disebut dengan cell yaitu tempat terjadi pengolahan data dari input yang dimasukkan baik berupa teks, angka, mata uang, jam, maupun field yang lainnya. OpenOffice.org Calc merupakan aplikasi spreadsheet (lembar kerja), yang dilengkapi dengan fungsi untuk menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan merepresentasikan data di dalam sebuah lembar kerja.

Format Data
Format data digunakan untuk membuat data yang akan diketikkan sesuai dengan format penggunanya misalnya menentukan ukuran font, effect font, format data numeric, posisi font, memberikan bingkai (border) sampai dengan protect terhadap data pada sel spreadsheet. Format data dapat dilakukan dengan mengaktifkan menu Format, Cells sehingga akan muncul beberapa tab yaitu:
  • Numbers
Mengatur format tampilan angka. Caranya adalah dengan memblok sel – klik menu Format – Cells – Number, tersedia beberapa bentuk format angka, yaitu:
a. Mengatur format tampilan tanggal dan waktu(date and time).
b. Mengatur format tampilan angka(number).
c. Mengatur format tampilan nilai mata uang (currency).
d. Mengatur format tampilan persen (percent).
e. Mengatur format tampilan dalam bentuk pecahan (fraction).
f. Mengatur format tampilan dalam bentuk perpangkatan (scientific).
g. Mengatur format tampilan dalam bentuk benar atau salah (boolean value).
h. Mengatur format tampilan dalam bentuk tulisan (text).
  • Font
Mengatur format penulisan bentuk, ukuran, jenis dari huruf atau angka pada text.
  • Font Effect
Mengatur efek dari text, bisa berupa garis bawah (underlining), bayangan text(relief), dll.
  • Alignment
Mengatur perataan text.
  • Borders
Mengatur jenis format pemberian garis batas, jenis tampilan garisnya di kotak pilihan Line-Style, yaitu garis tunggal tipis, garis ganda, garis putus-putus dan lain-lain, warna garis di tombol pilihan Color, Efek bayangan berikut pewarnaannya ada pada bagian Shadow Style
Position dan Shadow Style Color.
  • Background
Mengatur latar belakang tabel, untuk pemberian warna background.
  • Cell Protection
Menggunakan rumus dan fungsi :
Rumus dapat langsung diketik pada sel yang ingin dihitung. Sedangkan fungsi adalah rumus yang sudah terdefinisi untuk perhitungan secara otomatis. Calc telah menyediakan fungsi-fungsi yang telah dikelompokkan menurut jenis fungsinya.Semua fungsi ditulis dengan tanda awalan sama dengan (=). Secara umum penulisan fungsi Calc adalah =nama_fungsi(data ; result)
Beberapa contoh fungsi:
  • AVERAGE
Mencari nilai rata-rata data dalam range
Notasi = AVERAGE (range)
  • COUNT
Mencari jumlah data angka dalam range
Notasi = COUNT (range)
  • MAX
Mencari data tertinggi dalam range
Notasi = MAX (range)
  • MEDIAN
Mencari median / nilai tengah data dalam range
Notasi = MEDIAN (range)
  • MIN
Mencari nilai minimal dalam range
Notasi = MIN (range)
  • STDEV
Mencari modus standard deviasi dalam range sample data
Notasi = STDEV (range)
  • INT
Fungsi Pembulatan yang terdekat.
Notasi = INT (angka)
  • ROUND
Fungsi pembulatan desimal tertentu
Notasi = ROUND (angka; jumlah desimal)
  • SUM
Fungsi Penjumlahan.
Notasi =SUM (nilai1 ; nilai 2)
  • IF
Jika ekspresi logika bernilai benar maka akan dieksekusi perintah pertama, sebaliknya ekspresi bernilai salah maka akan di eksekusi perintah ke dua, dan seterusnya.
Notasi = IF (Ekspresi logika; perintah 1; perintah 2)
  • VLOOKUP dan HLOOKUP
Fungsi ini digunakan untuk mencari suatu nilai dari tabel yang direfrensikan (Range Tabel), berdasarkan suatu Nilai kunci tertentu. Bila terdapat kesesuaian antara Nilai kunci dengan nilai pada Range Tabel, maka fungsi tersebut akan mengambil nilai dari Range Tabel pada Kolom/Baris yang mempunyai indeks sama dengan Nomor Indeks Kolom/Baris. Rumusnya adalah sebagai berikut:
=VLOOKUP(Nilai kunci;Range Tabel;Nomor Indeks Kolom)
=HLOOKUP(Nilai kunci;Range Tabel:,Nomor Indeks Baris)
Membuat Grafik
Dokumen pada lembar kerja Calc dapat ditampilkan dalam bentuk grafik columns, pie, lines, XY
dan lain sebagainya. Langkah untuk menampilkan grafik:
a. Blok dokumen kemudian klik Insert, Chart, next
b. Pilih jenis chart
c. Tentukan label tabel, klik Create
Anda dapat mengedit grafik yaitu dengan klik kanan mouse kemudian tentukan parameter yang akan diedit

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar